Thursday, June 21, 2012

Shoegasm

Bulan Mei kemarin tepat 2 tahun saya menrintis usaha pembuatan sepatu dengan brand luirre. Waktu bener-bener ga berasa ya. Pastinya banyak banget pengalaman yang didapat. Mulai blajar ngatur keuangan yang masuk, biar tetep bisa diputar buat belanja bahan, bayar tenaga ahli, facial dan sedikit ditabung. hehe

Berawal dari hobi bikin-bikin sepatu buat dipakai sendiri. Dulu bikinnya selalu angkle boot, alasannya simple, karna kemana-mana naik motor dan males pake kaos kaki, jadi nyari model sepatu yang bisa ngelindungi kaki dari panas. Gini penampakannya.

 

Trus iseng-iseng deh bikin facebook buat jualan.. Alhamdulilah respon bagus. mulai deh diniatin serius dengan bobol tabungan buat belanja bahan-bahan. Seingetku dulu modal awalnya 3 jutaan. BEP dalam waktu 2-3 bulan.

Kalau kata temen saya yang uda sukses sama bisnis distronya di Bandung, luirre ini masih disamakan ama warung kopi. Keuangan ga jelas, cuma ngerti uang masuk dan uang keluar. wehehehe masih belajar terus.

Yang paling seru dari bisnis kecil-kecilan ini itu, untuk sukses enggaknya tergantung dari ketekunan sendiri. Kalau weekend saya sering mangkal di Kramat Gantung buat liat-liat bahan per-toko, atau kadang di pasar atom dan pasar pucang buat liat kain bermotif yang menarik. Jam kantor jam 9 pagi tapi kadang harus berangkat jam 7 pagi karna harus mampir workshop dan tiki untuk kirim sepatu.

Pulang kerja harus ngelist lagi pesanan yang belum ditulis. Karna saat jam kerja, kadang pesanan-pesanan yang masuk ga tercatat dengan benar. Alhamdulilah  aplikasi history chat dan capture screen banyak membantu ingatan yang terbatas ini.


Tapi ya gitu, kadang ga berasa sudah jam 2 pagi dan masih berkuat dengan tempel-menempel sampel bahan ke catatan.

Alhamdulillah untuk luirre. Terima kasih buat kepercayaan teman-teman membuat sepatu. Doakan biar luirre bisa punya shoesline tersendiri yang menarik..aminnnn

6 comments:

  1. shoergasm.. wowow.. semoga makin lancar..

    ReplyDelete
  2. @mas budiono
    alhamdulilah mas..matur nuwun doanya...

    ReplyDelete
  3. risdaaaa .... kamu memang bakat jadi orang kreatif kok, orang kreatif itu kaya ;)

    ReplyDelete
  4. *Mengabaikan riwayat bahwa sepatumu dibeliin Mas Fahmi untukku*

    Risda, aku suka banget sama sepatumu! ^^
    Seleraku nampaknya terakomodasi dengan baik oleh Luirre, plus harganya jadi terjangkau, aku jadi seneng makenya.

    Selamet ulang tahun yang ke-2 buat Luirre, moga-moga kamu bisa bikin sepatu yang lebih banyak modelnya lagi.

    Oh ya, sebagai saran, dalam setiap packaging, akan lebih baik kalau setiap paket sepatunya disertai etiket berisi cara-cara merawat sepatunya. Misalnya disimpan dalam suhu berapa, dibersihkan dengan cara apa, gitu lho..

    ReplyDelete
  5. dan yang penting harga mba,soalnya jujur ya sebagus apa pun sepatu yang kita buat kalau mahal biasa kagak dilirik sama orang indonesia yang pelit ngeluarin duit #ups :)
    maklum aku kerja'a didunia fashion,jadi tahu seluk beluk'a

    ReplyDelete
  6. @mb vicky

    yeiiiuyy...makasih...

    dan sarannya bagus banget!! aku langsung praktekkin..karna cara ngerawatnya dulu cuma aku tulis di note fb,,aku cetak sekalian aja...

    @mas andy
    setuju mas..aku sendiri yan konsumen yang kalau liat harga mahal jadi mikir 2x kok..

    ReplyDelete