Sunday, April 15, 2012

Backpacking Thailand : Day 3 - Bangkok

Setelah nonton pertunjukan alcazar show, eh yang belum baca postingan sebelumnya yuk di intip dulu disini kita sudah ditunggu oleh mobil sewaan menuju Bangkok. Byeee ladies boy, biar aja situ lebih cantik dari aku,,yang penting onderdilku original semua wek..

Perjalanan Pattaya ke Bangkok kurang lebih 2 jam. Kita menginap di youth hostel hi-Sukhumvit. Karna termasuk dalam jaringan YHA , hostel ini selalu jadi referensi buat para backpacker yang ke Bangkok. Tentang hi-Sukhumvut bisa diintip disini Keuntungan utama dari hostel ini adalah lokasinya yang strategis dekat stasiun BTS. Tinggal jalan 2 menit langsung menggunakan BTS untuk transportasi kemana mana. Staff nya pun ramah-ramah, mau membantu kita menjelaskan lokasi yang kita ingin kunjungi.

Sampai hostel kita langsung bersih-bersih badan lanjut istiraha buat memulihkan energi berpetualang besok.

(ney poto gaya backpacker pemula didepan hostel)

Tujuan petualangan hari ini adalah semua obyek wisata mulai Wat Arun, Wat Pho hingga Grand Palace. Transportasi yang tersedia untuk menjangkau lokasi adalah Chao Phraya River, yaitu transportasi air menggunakan kapal penumpang. Karena akan sering bolak-balik naik kapal, kita membeli tiket terusan untuk seharian seharga 150 Baht (45rb).

Yang hebat dari Bangkok salah satunya adalah pemerataan penggunaan jenis transportasi. Wilayah-wilayah yang dilewati sungai akan diakomodir oleh transportasi air dan tidak dilewati oleh BTS. Semua merata.

Grand Palace

Merupakan kompleks bangunan kediaman Raja Thailand beserta keluarga. Untuk menjelajah area ini kita harus mengeluarkan uang 400Baht (120rb). Memang mahal, tapi pantas dengan pengalaman yang kita miliki. Sebagian besar bangunan menggunakan bahan dengan kandungan emas. Sehingga saat terkena sinar matahari akan berkilaian indahnya. Subhanallah.

Yak waktunya kita narsis dulu. Jangan mual lihatnya ya..

Melihat keindahan Grand Palace menimbulkan rasa sesal akan keberadaan keraton-keraton yang tersebar di penjuru wilayah Indonesia. Andai keraton-keraton itu dipelihara dengan maksimal, tentu akan menjadi obyek wisata andalan kita.

Wat Arun

Wat Arun atau yang juga dikenal dengan Temple of Dawn merupakan salah satu landmark andalan Bangkok. Cukup menegeluarkan 50 Baht (45rb) untuk bisa menjelajah. Yang menarik dari Wat Arun bukan hanya candinya, tetapi pedagang-pedagang yang ada disini sebagian besar bisa berbahasa Indonesia walaupun terbatas. Hal ini dikarenakan pembeli yang paling disukai adalah otang-orang Indonesia. Barang yang dibeli tidak hanya satu, tapi berentet sesuai dengan daftar oleh-oleh yang dibutuhkan. hehe

Seharusnya setelah Wat Arun, kita menuju ke Wat Pho yang berada di seberang Wat Arun, tapi melihat kondisi belanjaan rombongan, kita memutuskan untuk menuju konter Air Asia guna menambah bagasi. Terpaksa Wat Pho dengan patung budha tiduran raksasa kita lewatkan. Yasudahlah dari pada nanti kelebihan bagasi dan harus membayar mahal.

Khaosan Road

Ternyata lokasi konter air asia yang kita kunjungi dekat dengan Khaosan Road. Untuk para backpacker, jalanan sini sangat terkenal karna terdiri dari hostel-hostel dengan budget terjangkau.Beres urusan bagasi kita menjelajas Khaosan Road. Disini teman-teman yang mulai kehabisan baht menukarkan dolar yang sengaja di bawa. Lebih bernilai membawa dolar daripada membawa rupiah.

Sepanjang Khaosan road ramai penjual mulai dari penjual makanan, souvenir hingga kafe-kafe live music. Sempatkan menikmati area ini. Buat kalian yang berencana backpackeran ke Bangkok kawanan ini bisa jadi rekomendasi untuk area menginap. Kami tidak menginap disini, dengan pertimbangan, untuk tempat tinggal kita lebih memilih area yang lebih tenang.

(wehehe kita lagi beli kacamata lucu-lucuan seharga 100baht)

China Town

Puas melihat Khaosan Road ternyata semua rombongan belum berniat pulang ke hostel. Berbekal peta wisata yang kita peroleh, destinasi yang kita pilih selanjutnya adalah China Town. Untuk pertama kalinya juga kita menggunakan alat transportasi tuktuk. Sejenis bajaj kalau di Jakarta. Dengan penumpang maksimal 3 orang kita melaju menuju lokasi. Dan sama seperti bajai, tuktuk ini jago ngepot, untung saja jalanan di Bangkok relatif sepi jadi ga takut senggol kanan kiri mobil orang seperti saat kita naik bajaj di Jakarta menembus kemacetan.

Seperti area China Town di negara-negara lain, area ini didominasi oleh aneka warna plat toko. Sangat khas China Town. Sebagian pasukan memilih menikmati pijat kaki, sedang saya dan beberapa orang berniat wisata kuliner. Dan yang paling menggoda adalah durian. Ga afdol rasanya ke Bangkok tanpa mencoba durian Bangkok. Yak, saya resmi mabuk durian. Benar-benar tebal dan nikmat. Nom nom...

Jam menunjukkan pukul 21.00. Akhirnya kita mencukupkan penjelajahan hari ini. Menggunakan tuktuk lagi kita menuju stasiun MRT terdekat. Yei akhirnya merasakan naik kereta bawah tanah..ndesooo

bersambung dulu yak ceritanya..

Petualangan besok ga kalah seru dari hari ini. Jadi besok kita akan menjelajah .........

1. seruuuuu :-*

tapi aku gak dapet oleh2 =))

2. Ihh seru banget yaaa. Aaakkk Rusa pengen ke Bangkok :D

3. @ fenty : hohohohoh maafkeun diriku yaaa,,, sementara oleh2 cerita dulu

@rusa: ayooooooo kesana,,,seru deh,,,

4. lam kenal ...
    blog walking nih....
    asikk nihh ke bangkok murah meriah yaa...seruuu ih rame2 gitu..

5. @mamie iyaaa mam,,yg bikin seru rame2 nya itu....

6. wah bagus nih liputan travellingnya, ijin buat dijadiin referensi ya, rencana mau ke Thai juga akhir tahun ini :)

7. duh bulan depan rencana mo ke bangkok.. di bandara ada peta wisatanya ngga? klo di bangkok hostel murah n strategis dimana ya? pesawatku landing jam 10 malam.. wuiiih takut juga sih..

1. banyak kok peta,, di hostel, hotel, penginapan dll juga lengkap peta yg bs diambil gratis,,disana org nya ramah,,dijamin betah,,
      dulu aku jg landing jam 10an malam,,cuma kita ber rame2 uda nyewa mobil buat lgs ke pattaya,,

2. Hi.. bs minta ym gak tuk share ja pngalamn km. soalnya mei aku ksn rencananya mungkin smpai pgi, n dr stu mo kmn ja binun.. krn aku pgin kliling bangkok pattaya n phuket dlm wktu 3hr, 2hr nya tembak ke kl. krn aku plg dr kl!! info ya sist

3. ohh iya add ym ku di lia_whebey19@yahoo.com ya

4. bolehh,,cuma ym jrg aktiv.. purple_rzd@yahoo.com atau whatsapp ke 081703244442