Sunday, May 6, 2012

Mengejar cintaNya

“Laki-laki yang baik adalah untuk perempuan yang baik, perempuan yang baik adalah untuk laki-laki yang baik (pula)” (QS AnNur; 26)


Belakangan kemarin saya dibuat galau oleh yang namanya hati. Karena umur sudah bukan dalam hitungan belasan, saya lebih berhati-hati soal urusan hati ini. Saat telah memantapkan hati untuk seseorang, artinya saya serius untuk menjalin sebuah hubungan. Tapi manusia boleh berusaha Allah yang menentukan. Dan dia yang saya pilih ternyata bukan pilihan Allah.

jodoh menurut Islam merupakan bagian dari konsep TAKDIR, artinya hal tersebut sudah menjadi ketentuan ALLAH sejak zaman azali dalam kitab lauhul mahfudz Nya. Jadi sesungguhnya ALLAH sudah menciptakan jodoh sesuai dengan kualitas diri serta ke-Imanan yg cocok untuk sang hamba, untuk dipertemukan dalam yang tepat, moment yang tepat bagi Nya.

Lalu apakah kita harus diam saja menunggu takdir itu menjemput?


Buat saya, jodoh semakin dikejar akan membuat semakin lelah. Jadi ga perlu dikejar. Yang diperlukan adalah ihktiar. Seperti janji Allah “Laki-laki yang baik adalah untuk perempuan yang baik, perempuan yang baik adalah untuk laki-laki yang baik (pula)” (QS AnNur; 26), karna itu iktiar yang dilakukan adalah menjadi perempuan baik yang pantas untuk lelaki baik pilihan Allah. Allah kan maha pengasih lagi penyayang, saat kita bersungguh-sungguh, insyaAllah janjiNya tak pernah inkar.

Kalau sudah tau kuncinya,waktunya saya memperbaiki diri. Mengaca diri sendiri apakah sudah pantas mendapat   pasangan pilihan Allah.Karna ingin mendapat pasangan yang imannya bagus sehingga bisa membimbing dunia menuju akhirat, berarti harus mengukur apakah keimanan saya sudah pantas mendapat yang demikian? Selalu berusaha lebih beriman dan bertaqwa agar siap menemui pilihan Allah, bukan pilihan saya. Abis kalau menurut pilihan saya ya pasti maunya pasangan yang tinggi, putih, pinter nyanyi, smart, minimal kaya Patrick Dempsey di Grey's Anatomy. hehehe

Nah jadi mulai lah memperbaiki diri, niatkan setiap kebaikan untuk mencari Ridho ALLAH. Doakan saya untuk segera berhijab yah!!



8 comments:

  1. aamiin ... sekali kamu make insyaAllah "keterusan" ris :)

    ReplyDelete
  2. @fenty amin amin ajarin yahhh

    ReplyDelete
  3. aku kurang setuju sama kalimat pembuka'a mba,wanita yang baik hanya untuk laki laki yang baik dan begitu pula sebaliknya,
    karena setiap manusia punya kesempatan untuk mendapatkan yg lebih baik apa pun itu bentuknya,karena kalau baik bertemu yang baik lalu yang jahat bagaimana & sama siapa ?
    karena kalau jahat bertemu jahat maka mereka kedepan'a akan tetap jahat alias tidak berubah untuk menjadi lebih baik

    ReplyDelete
  4. @andy : mungkin kata2 itu nggak sebaiknya dipikirkan secara harfiah ya, laki-laki yang baik menurut saya adalah yang terbaik untuk pasangannya, begitu juga untuk perempuannya, perempuan yang baik adalah yang terbaik untuk pasangannya kelak.

    Bisa jadi yang jahat bisa menjadi baik setelah bertemu pasangan yang baik, kan ?

    tapi apapun itu jodoh sudah ada yang ngatur kan ? dan ada sebuah hikmah dibalik ketidaksempurnaan pasangannya :)

    ReplyDelete
  5. Secara umum Allah memang telah menetapkan bahwa laki-laki yg baik utk wanita yg baik pula. Tapi kadar 'baik' itu Allah yg tahu.

    ReplyDelete
  6. serius beneran mbak.. janji-Nya gak akan pernah ingkar... sukses terus kalau begitu :)

    ReplyDelete
  7. Luthfi Yulian FikriJuly 2, 2012 at 2:18 PM

    Hanya Allah yang Maha Berkenedak atas segala sesuatu, dan Allah lah yang paling tahu mana yang terbaik untuk ummatNya.. be prepare, Ummi Maritza..

    ReplyDelete