Saat ini saya lagi kecewa berat dengan salah satu ekspedisi.
Sebagai pelaku bisnis online, ga dipungkiri bahwa peran ekspedisi penting dalam kelancaran usaha. Jika ada beberapa online shop yang menjadwal pengiriman barang ke konsumen hanya pada hari-hari tertentu, saya hampir setiap hari melempar barang ke ekspedisi. Tujuannya agar sepatu pesanan yang telah lunas dapat segera dipakai oleh pemesan. Apalagi misal sepatu pesanan itu sudah digadang-gadang untuk dipakai dalam suatu acara, saya harus memperhitungkan waktu yang diperlukan untuk pengirimannya.
Jadi kemarin luirre lagi dapat pesanan sepatu yang akan digunakan dalam acara yang spesial pada hari minggu lalu. Pembuatan sudah dimaksimalkan agar sepatu dapat dikirim hari jumat tanggal 12 menggunakan ekspedisi yang 1 hari sampai. Biaya pengiriman ini 2x biaya pengiriman reguler yang biasanya memerlukan 3 hari waktu pengiriman. Sabtu sore si pemesan sudah bbm terus tanya kok barangnya belum sampai. Awalnya saya masih santai, dipikiran saya mungkin kurirnya masih dijalan.
Kesalahan saya, karena kenal dengan pemilik ekspedisi, sepatu-sepatu yang saya kirim ga langsung saya tungguin penulisan resinya. Biasanya resi saya ambil saat pengiriman barang keesokannya. Jadi saat pemesan tanya no resi, saya ga bisa kasih karna resinya belum diambil. Hari sabtu makin larut, sepatu pesenan belum muncul juga. Akhirnya si pemesan terpaksa pergi ke mall untuk cari sepatu pengganti.
Hari minggu....
Senin....
Selasa...
Rabu, si pemesan baru kasih kabar kalau sepatu belum juga muncul..
Saya langsung telp ke ekspedisi pusatnya di juanda. Dan yang mengejutkn saudara-saudara, menurut info bagian pelacakan barang, paket saya baru nyampai di juanda tanggal 16 dan tanggal 17 ini sudah di kota pemesan. Trus apa kabar biaya 2x pengiriman reguler??? Yang paling mengecewakan adalah pelanggan saya kecewa akan pelayanan saya.
Dooooghhhh Mau komplain aja.
Tapi eh tetapi, ternyata saya ga bisa komplain ke ekspedisi ini, karna saya kirim paketnya di agen ekspedisi (yang mana resi ditulis tangan, bukan print2an), jadi keterlambatan bukan kesalahan ekspedisi. Semua tergantung dari agen yang telat mengirim.
Pelajaran berharga banget untuk saya, jadi kalian-kalian yang akan mengirim paket, saya sarankan kirimnya dikantor resmi ekspedisi, jangan di agen ekspedisi..kecuali kalian sudah yakin agen ekspedisi ini bisa dipercaya.
saya juga beberapa kali mengalami hal seperti ini -.-"
ReplyDeleteSebel yah...
Deletewadhooooooooooohhhh... betapa kecewanya si pelanggan yang sudah beli sepatu itu da, digadang2 buat acara maunya tampil keren malah keluar biaya dobel krn harus beli sepatu lagi di mall..
ReplyDeletetidak salah kalo dirimu muring-muring kelas wahid di hadapan agen ekspedisi itu, ndak salah sama sekali meskipun resinya ditulis tangan bukan berarti dia boleh ingkar janji 1 hari sampai itu..
tapi, kalo bisa ndak muring-muring ya lebih bagus lagi, tapi besok ndak usah kirim lewat situ ben kapok lombok :)
Persis mas..ga pake komplain langsung boikot..
Deletepake expedisi apa?
ReplyDeleteItu baru kiriman di dalam negri..
untungnya si buyer gak minta full refund money kan?
kalau di luar negri, gak pake lama langsung minta 100% refund.
Aku yg nawarin buat refund 100% ke yg beli kok..setelah spatu yg telat dtg itu ntar pas dtg dkirim balik.. drtd yg beli kecewa mending rugi..
Deletehal seperti ini lah yang menjengkel kan :(
ReplyDeletewah, sekarang jadi ngeh, pembeli sih boleh aja komplen, tapi kudu ngerti juga kondisi pebisnis. Tapi titik terberat tetap ada di tangan pebisnis, hehe
ReplyDeleteslalu ada pembelajaran seusai ketidaktahuan ;)